Wednesday, June 5, 2013

TUTORIAL TEMPAT JARUM


Sudah lama ingin membuat tutorial di blog ini. Nah, kali ini saya mau membuat tempat jarum yang bisa mengamankan jarum jahit yang kita pakai agar tidak tercecer.

Alat dan Bahan:
- Kain Flanel aneka warna, benang sulam, pita, kancing, lem UHU, gunting, penggaris, dan bolpen.

Caranya:
Siapkan masing-masing 1 lembar kain flanel hitam dan oranye ukuran 8x14 cm.  Dan 2 lembar flanel oranye ukuran 8x13,5 cm.

Buat garis ditengah kain flanel berwarna orange. Kemudian jahit 3 lembar kain flanel yang berwarna orange sesuai garis tersebut sehingga bisa berbentuk seperti lembaran buku.

Buat 2  bundelan  pita, ditempel di bagian samping dan atas kain tepat ditengah tempat jahitan tadi. Kemudian permanis bagian tengah dengan pita seperti di foto.

Jahit dengan tusuk fiston untuk menyatukan kain warna orange dan warna hitam sebagai sampulnya. Usahakan jarak jahitan sama supaya terlihat rapi.
Beri hiasan untuk bagian sampul depan. Kali ini saya buat 3 lembar lingkaran dengan ukuran yang berbeda. Kemudian saya gunting sedikit agar bisa mekar ketika dijahit.
Saya buat bunga dengan menjahit tepat dibagian tengah dengan tusuk lurus. Dan daun dengan tusuk tikam jejak. Dipermanis dengan sulur bunga dengan menggunakan tusuk batang.


Terakhir, saya jahit kancing berbentuk bunga di sampul sebelah kanan, untuk mengaitkan dengan bagian sampul belakang. Dan jadilah tempat jarum mungil saya.

Beginilah isi dalamnya. Jarum dan benangnya bisa kita simpan denga aman kan? Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment